Terios

Kurang afdal rasanya kalau mobil baru seperti Compact SUV terbaru Daihatsu ini hanya dianalisis tanpa dukungan data tes lengkap. Oleh karena itu, kami pun mengujinya untuk membuktikan apakah pembenahan yang dilakukan Daihatsu memang meng hasilkan penilaian plus dibanding pendahulunya.

Mobil berkelir putih ini pun langsung kami bawa ke arena sesungguhnya. Klaim yang dikatakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bahwa suspensi Terios  facelift ini lebih empuk memang terbukti.

Jalur Jakarta Outer Ring Road West 1 (JORRW1) yang menghubungkan tol Bandara dan Kebon Jeruk menjadi saksinya. Melalui jalur dengan kontur  jalan bergelombang ini, ayunan suspensi New Terios mampu menghasilkan kenyamanan lebih baik.

Tapi hal ini bukan tanpa konsekuensi. Bantingan empuk memiliki dampak pada sistem stabilitas. Mobil terasa limbung pada kecepatan 80 km/jam dan saat menikung. Batas limbung yang dirasakan masih dalam batas aman dan tidak mengkhawatirkan.

Pengembangan lain ada pada sistem kemudi yang sudah menggunakan Electric Power Steering (EPS). Dengan teknologi ini, klaim PT ADM menyebutkan bahwa konsumsi bbm SUV berkonstruksi monokok ini bisa lebih irit. Karena mesin sudah tidak lagi menanggung beban pompa power steering.

Dan hasil pengukuran kami memang lebih irit. Pada model yang masih menggunakan sistem hidraulis, konsumsi bbm tol tercatat 13,1 km/liter. Sementara model dengan EPS berhasil menorehkan angka 14,1 km/liter untuk di jalan bebas hambatan.

Hasil ini berhasil didapatkan dengan bbm hasil subsidi pemerintah. Bayangkan kalau menggunakan bensin RON 92, hasilnya pasti akan lebih baik.

Sayangnya Terios terbaru tetap belum menyertakan pengatur tinggi rendahnya kemudi. Pengemudi pastinya akan sangat terbantu bila fitur setir adjustable ini sudah menjadi standar. Pengemudi pasti lebih mudah mendapatkan posisi duduk ideal.

Akselerasi yang dihasilkan juga tak mengecewakan. Untuk ukuran 7-seater dengan bobot 1.625 kg, Terios ini mampu menghasilkan catatan waktu cukup mengagumkan. Untuk akselerasi 0-100 km/jam, ia berhasil mencatat 14,68 detik.

Padahal mesin yang digunakan sama dengan versi lama, tetap mengandalkan tipe 3SZVE DOHC VVTi berkapasitas 1.495 cc.

Hal positif lain yang bisa didapatkan dari mobil ini terdapat di interior. Kabin didominasi warna yang lebih kalem, sementara desain dasbor serupa versi Japanese Domestic Market (JDM).

Selain itu, konfigurasi jok baris kedua dan ketiga dengan sistem pelipatan yang lebih praktis semakin memudahkan akomodasi penumpang. Tambahan kenyamanan, varian TX A/T Adventure ini sudah pula dilengkapi gadget pemandu perjalanan, yaitu GPS sebagai kelengkapan standar.

Terbukti pengembangan yang dilakukan Daihatsu terhadap Terios bukan sekadar klaim. Walau masih terdapat sejumlah catatan, perbaikan yang ada pada New Terios patut mendapatkan apresiasi.

Daihatsu Terios 1.5 TX A/T Adventure
Harga on-the-road Rp 216,5 juta
Panjang/wheelbase 4.405 mm/2.685 mm
Lebar/tinggi 1.695 mm/1.740 mm
Mesin/kapasitas 4 inline/1.495 cc
Tenaga maksimum 109 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 145 Nm/4.400 rpm
Transmisi 4-spd auto/fwd
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep 45 liter/N/A/full size
Bobot 1.625 kg
0-100 km/jam 14,68 detik
0-60 km/jam 6,31 detik
60-80 km/jam 3,51 detik*
80-100 km/jam 4,85 detik*
100-120 km/jam N/A
Pengereman (100-0 km/jam) N/A
Konsumsi bbm tol/kombinasi/dalam kota 14,1/N/A/N/A
Airbag/ABS/EBD/BA Tidak/tidak/tidak/tidak
AC climate control/dual zone/pelek alloy Tidak/tidak/ada (16 inci)
Adjustable height seat/7-seater/sensor parkir Ada/ada/ada
Auto door-lock/sunroof Ada/tidak
CD/MP3 player/aux-in/USB Ada/ada/tidak/tidak
Setir multifungsi/cruise control Ada/tidak
Headlamp projector/HID xenon/foglamp Ada/tidak/ada
Spion/pelipat spion elektrik Ada/tidak
On-board computer/smart key Tidak/tidak
Setir adjustable reach/rake Tidak/tidak
Catatan: * = kickdown

 

RIVAL
 Suzuki SX-4
Mesin: 1.490 cc 4 silinder, 109 dk
Transmisi: 4-spd auto/fwd
0-100 km/jam: 12,5 detik
Konsumsi bbm tol/dalam kota: 16,5/10,5 km/l
Harga: Rp 212,5 juta
(+): pengendalian, performa
(- ): Kabin lebih sempit, daya angkut

 

 FIRST OPINION

Sudah saatnya Terios menjadi pilihan utama bagi konsumen yang membutuhkan mobil keluarga dengan tingkat kenyamanan memadai serta hemat bbm. Pengembangan yang dilakukan terbukti memberikan nilai positif. Desain yang lebih fresh menjadi nilai tambah lain bagi konsumen.

 

SEKILAS PANDANG

  • Tersedia dalam 8 pilihan varian
  • Untuk beberapa tipe tertentu sudah dilengkapi Gps sebagai peranti standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: